Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Translate

Gunung Berapi

21 Apr 2012


Gunungapi adalah lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Gunung berapi secara umum istilah tersebut dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km  di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat dia meletus
Indonesia mempunyai 129 buah gunungapi aktif atau sekitar 13% dari gunungapi aktif didunia. Seluruh gunungapi tersebut berada dalam jalur tektonik yang memanjang mulai dari Pulau-pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kep. Banda, Halmahera dan Kep. Sangir Talaud yang menempati seperenam dari luas daratan Nusantara.  lebih dari 10% populasi penduduk berada dikawasan rawan bencana gunungapi.
Istilah gunung api juga dipakai untuk memberi nama suatu fenomena pembentukan ice volcanoes atau gunung api es dan mud volcanoes atau gunung api lumpur. Gunung api es biasa terjadi di daerah yang mempunyai musim dingin bersalju.

Magma
Magma merupakan cairan atau larutan silikat pijar, yang terbentuk secara alamiah, bersuhu antara 900 sampai  1100 dan terbentuk atau berasal dari kerak bumi bagian bawah atau selubung bagian atas ( upper mantel). Magma di bumi merupakan larutan silikat bersuhu tinggi yang kompleks dan merupakan asal semua batuan beku. Magma berada dalam tekanan tinggi dan kadang kala memancar keluar melalui pembukaan gunung berapi dalam bentuk aliran lava atau letusan gunung berapi.
Hasil letupan gunung berapi ini mengandung larutan gas yang tidak pernah sampai ke permukaan bumi. Solfatara adalah hembusan gas gunung berapi yang banyak mengandung belerang. Gas ini ditengarai dengan munculnya bau busuk. Dalam konsentrasi tinggi, gas ini juga berbahaya bagi kehidupan. Nama Solfatara berasal dari bahasa Latin "Sulpha terra", yang artinya "daratan belerang", atau "bumi belerang". Tefrit/tefra adalah sebuah material yang diproduksi oleh letusan gunung berapi. Tefrit diklasfikasikan menjadi 3 menurut jenisnya:
·         Abu vulkanik
·         Lapilli
·         Bom vulkanik
 
lava
Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti: lava ropi atau lava blok (umumnya di Indonesia membentuk lava blok). Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk awan panas guguran dari lava 

Lahar
Lahar (dari bahasa Jawa) adalah aliran material vulkanik yang biasanya berupa campuran batu, pasir dan kerikil akibat adanya aliran air yang terjadi di lereng gunung (gunung berapi). Di Indonesia khususnya, aktivitas aliran lahar ini akan meningkat seiring dengan meningkatnya intensitas curah hujan. Aliran lahar sangat berbahaya terutama bagi penduduk yang tinggal di perkampungan yang berada di lereng gunung ataupun bagi para penambang pasir yang sering berada di daerah aliran lahar ini.  Lahar dapat mengalir dengan kecepatan beberapa puluh meter per detik menempuh jarak sampai beberapa kilometer membawa energi yang cukup besar.  Untuk itu biasanya lahar dibuatkan saluran khusus yang di dalam ilmu geoteknik dikenal sebagai "sabo".

Bentuk gunungapi
Bentuk gunungapi tergantung pada bahan erupsi, letak titik erupsi, sifat erupsi, tipe erupsi, lingkungan gunungapi berada. Bahan piroklastik akan membentuk kerucut yang sangat mudah tererosi. Jika pusat erupsi berpindah-pindah maka bentuk gunungapi tidak teratur.
·         Bentuk Kaldera
·         Bentuk Kerucut Cinder
·         Bentuk Perisai
·         Bentuk Gunung Api Strato
·         Bentuk Kubah lava

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

Member

Most Reading