Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Translate

GEOLOGI

3 Nov 2011


          Geologi merupakan bagian dari berbagai aspek lingkungan hidup manusia. Berbagai proses dan aspek pembentukan masyarakat memerlukan pengetahuan dasarr geologi. Contohnya sumber daya alam dan energy, pembangunan lingkungan maupun bencana alam.
Geologi merupakan sebuah kata yang berasal dari kata "geo"  yang berarti bumi dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi Secara harfiah geologi berarti ilmu tentang bumi atau studi tentang alam. Bumi disini bukan berarti hanya fisik dari bumi saja yaitu material penyusun bumi dan bentuk dari bumi itu sendiri, tetapi juga proses-proses yang terjadi pada bumi serta tebentuknya bumi sampai sekarang. Proses-proses tersebut baik yang terjadi didalam maupun di permukaan bumi. Scram itu juga kehidupan yang pernah ada di bumi ini dan evolusinya merupakan obyek yang dipelajari dalam geologi.
Jadi geologi mempelajari semua asoek yang berhubungan dengan bumi. Untuk mengerti dengan bumi yang sebenarnya bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab planet bumi ini bukanlah suatu masa batuan yang diam atau tidak berubah, tetapi merupakan suatu masa batuan yang diam atau tidak berubah, tetapi merupakan suatu masa yang sangat dinamis yang memiliki sejarah yang pengan dan kompleks.Ilmu Geologi secara tradisonal terbagi menjadi 2 bagian yang besar yaitu Geologi Fisik dan Sejarah.
Geologi fisik merupakan ilmu geologi yang mempelajari tentang amterial-material penyusun bumi dan mencoba untuk mengerti dan memahami proses-proses yang terjadi di bagian dalam dan di permukaannya. Sedangkan geologi sejarah adalah ilmu geologi yang mempelajari tentang asal terjadinya bumi dan perkembangannya seiring dengan waktu. Jadi bagian ini berusaha menjelaskan hubungan secara kronologi dari perubahan-perubahan perilaku fisik dan biologi yang muncul dalam waktu geologi yang telah lalu. Studi geologi fisik secara logis mendahului studi tentang geologi sejarah, sebab pertama kita harus memahami bagaimana bumi bekerja sebelum kita membongkar atau mempelajari kejadian-kejadian telah lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

Member

Most Reading